Setelah melakukan
brainstorming, kelompok kami sepakat untuk mengkaji lebih lanjut tentang 3
konsep robot bencana, antara lain:
1.Robot Pencari Korban dengan sistem GPS
Robot ini kami sebut dengan TAOST
Robot, yang merupakan kepanjangan dari The Assistant of SAR Team. Adapun robot ini didesain dengan tujuan agar mampu
membantu para tim penyelamat dalam pencarian korban bencana alam:
- Dapat mendeteksi keberadaan korban di sekitarnya .
- Memiliki komponen yang dapat memberikan data kepada tim penyelamat.
- Mampu membawa peralatan P3K. Dengan tujuan agar korban bencana
bisa mendapatkan pertolongan pertama & mampu bertahan hidup
sebelum akhirnya dievakuasi.
Beberapa penjelasan spesifikasi:
Ø
Pengontrolan dengan operator
jarak jauh / remote control.
Ø
Sistem GPS.
Memberikan data posisi
bagi tim penyelamat untuk menjangkau daerah bencana.
Ø
Bergerak dengan sistem
penggerak tank (continuous track).
Untuk mempermudah robot
melewati berbagai medan yang tidak menentu & lebih stabil dalam sistem
navigasi.
Ø Sensor thermal (wireless).
Dengan tujuan agar si operator bisa melihat suhu objek dan
pergerakkan objek tersebut. Sehingga dapat membedakan mana manusia yang masih
hidup dan mana yang tidak (mayat).
Ø
Sensor gas.
Untuk mendeteksi bahaya
gas di daerah bencana.
Ø
Sensor jarak.
Untuk keperluan
navigasi dasar dari robot yang akan dikontrol. Jika terdapat halangan,
direpresentasikan sebagai penghitungan jarak yang dekat dari sensor jarak, maka
robot tidak akan terus bergerak dan menabrak halangan tersebut.
Ø
Sensor Accelerometer.
Untuk mengetahui
kemiringan robot.
Ø
Baling-baling
Dengan tujuan agar robot
tetap dapat melakukan pencarian saat terjadi banjir maupun pasca tsunami.
Baling-baling ini mulanya tertanam di dalam badan robot, dan akan dapat muncul
/ berfungsi ketika sang operator menekan sebuah tombol control.
Design Step 1: Break the problem down into constituent bits
Step 2:
Brainstorm alternative concepts for each function and assemble the results in a
classification scheme
Step3: Combine the best subfunctions
Total
Concept I = A1 + B1 + C2 + D1 + E2 + F3 + G3 -- Konsep Pilihan Kami
Total
Concept II = A3 + B2 + C1 + D2 + E3 + F2 + G1
Total Concept III =
A2 + B3 + C3 + D3 + E1 + F1 + G2
NB : Penjelasan tentang alasan konsep yang dipilih ada diatas
Step4: Concept Sketch
2. Robot Penahan Sampah
Robot ini menahan sampah yang mulai mengalir dari sungai. Sampah ditahan agar saluran air tidak tersumbat dan pada akhirnya mengakibatkan bencana banjir. Kami ingin melakukan pencegahan banjir dengan dibuatnya konsep robot ini.
Jaring akan dipasang di setiap sungai, ketika jaring penuh terisi penuh oleh sampah, hal ini akan segera diketahui oleh sensor yang dipasang apda timbangan jaring ketika sensor mengirimkan sinyal ke kapasitor, maka kapasitor akan memberikan energi secukupnya kepada pompa hidrolik untuk menaikkan jaring ke permukaan lalu sampah akan dipindahkan ke truk sampah untuk dibuang. Energi yang tersimpan di kapasitor adalah energi yang diperoleh dari konversi energi arus sungai yang menggerakkan kincir air.
Step3: Combine the best subfunctions
Kombinasi yang kami pilih:
- Movement : Untuk gerakan menutup penyaring sampah digunakan pompa hidrolik
- Jaring-jaring : Dipilih Stainless Steel agar tidak mudah berkarat (tahan air, sesuai step 1)
- Sumber tenaga: Tenaga air lebih efisien karena robot ini akan bekerja di sungai
- Kontrol : Menggunakan sensor agar lebih mudah dioperasikan walaupun tanpa ada manusia yang mengawasi. Manusia tidak mungkin terus-menerus mengawasi sampah yang menumpuk
Step4: Concept Sketch
3. Robot Penghibur
Robotnya itu bakal digunakan untuk menghibur dan melayani masyarakat akibat bencana alam, terutama anak anak. Robotnya pun diusahakan didesain dengan program sesimpel mungkin supaya mudah digunakan.
Fitur Robot:
- Menyanyi
- Membawa konsumsi para korban
- Menyapa korban
- Game
- Dongeng dengan suara
Design Step 1: Break the problem down into constituent bits
Step 2: Brainstorm alternative concepts for each function and assemble the results in a classification scheme
Step3: Combine the best subfunctions
Kombinasi yang kami pilih:
- Movement : roda soalnya lebih fleksibel dan lebih gampang buat dimodifikasi
- Material : Bahannya dari plastik supaya mudah dimodif juga dan yaa mudah didapatkan
- Sumber tenaga: Tenaganya aki soalnya kalau baterai cepat habis, kalau listrik gamungkin di pengungsian banyak manfaatin listrik, jadi dipakai aki..
- User interaction: Interaksinuya dengan manusia pakai tombol soalnya itu yang paling feasible dan lumayan gampang dipahami kalau bagi masyarakat umum
- Bentuk Robot: Modelnya mirip kartun simpel gitu biar masyarakat khususnya anak anak tertarik buat menggunakan robotnyaa
No comments:
Post a Comment